7 Fakta Paling Menarik Tentang Mesir

7 Fakta Paling Menarik Tentang Mesir

Rumah bagi piramida paling ikonik di dunia, sejarah kuno yang kaya yang sarat dengan mitos dan pengetahuan, tidak heran Mesir adalah salah satu tujuan wisata paling dicari di dunia. Ribuan tahun sejarahnya yang tak terhitung jumlahnya telah memberinya beberapa peristiwa paling menarik yang membantu membentuk Mesir yang kita kenal sekarang. Berikut adalah beberapa fakta paling menarik tentang Mesir, tanah Nil, Piramida, dan kerajaan kuno.

1. Kami Harus Berterima Kasih Kepada Mesir untuk Kalender Kami

Tahukah Anda bahwa orang Mesir kunolah yang menemukan kalender 365 hari? Mereka melakukan ini dalam upaya untuk memprediksi banjir tahunan Sungai Nil. Sistem kalender mereka terdiri dari tiga musim, yang masing-masing terdiri dari empat bulan yang masing-masing terdiri dari 30 hari. Untuk mengakhiri tahun, lima hari ditambahkan di akhir untuk membuat urutan 365 hari dan dapat memprediksi secara akurat

2. Bukti Menunjukkan Bahwa Budak tidak Membangun Piramida Giza

Ketika datang ke asal-usul Piramida Giza yang ikonik, sebagian besar percaya bahwa mereka muncul berkat kelas budak yang besar dan Firaun yang kejam. Namun, penemuan baru-baru ini menunjukkan bahwa Piramida sebenarnya dibangun oleh kelas pekerja bebas yang kemudian dimakamkan di dekat makam Raja untuk menghormati upaya mereka menuju piramida.

3. Greater Cairo Adalah Kota Terbesar di Afrika dan Timur Tengah

Dengan populasi yang mencapai 22 juta yang membentang di sekitar 500 kilometer persegi, Kairo adalah kota terbesar di Afrika dan Timur Tengah. Tidak hanya itu, ia juga memiliki salah satu populasi terpadat di dunia. Kota-kota yang melanjutkannya antara lain Mumbai, Ho Chi Minh dan Bogota.

Baca Juga:  Pura Tirta Empul: Sebuah Ikon Spiritual dan Budaya di Bali

4. Mesir Adalah Rumah Bagi Salah Satu Bendungan Terbesar di Dunia

Dibangun untuk membantu menahan air liar yang mengamuk di sungai terpanjang di dunia, Nil, bendungan Aswan adalah salah satu yang terbesar di dunia. Bendungan besar senilai 1 miliar dolar yang terkenal mengakhiri siklus banjir dan merupakan keajaiban bagi infrastruktur Mesir setelah pembangunannya pada tahun 1970. Tidak hanya itu, pembangunan bendungan tersebut merebut kembali lebih dari 100.000 hektar lahan gurun untuk ditanami.

5. Cleopatra Bukan Orang Mesir

Tidak diragukan lagi, kebanyakan orang terkejut menemukan bahwa Cleopatra, salah satu tokoh paling ikonik di Mesir, sebenarnya bukan orang Mesir sama sekali. Ketika dia lahir di Alexandra, Mesir, dia sebenarnya berasal dari garis panjang Yunani Makedonia. Faktanya, dia adalah salah satu dari garis keturunannya yang benar-benar berbicara bahasa Mesir.

6. Di Mesir Kuno, Mereka Menyukai Permainan Papan

Jauh sebelum hari-hari scrabble dan Monopoli, ada Mehen dan Anjing dan Serigala. Di Mesir Kuno, permainan papan adalah masalah besar dan pilihan umum untuk relaksasi setelah seharian bekerja. Selain itu, salah satu permainan papan paling populer dikenal sebagai Senet dan dapat ditelusuri kembali ke 3500 SM. Orang Mesir akan bermain di papan dengan 30 kotak, dan setiap pemain memiliki satu set bidak dengan tujuan berpindah dari satu sisi papan ke sisi lainnya.

Baca Juga:  10 Kota Terbaik di Dunia untuk Seni & Budaya

7. Mesir Adalah Rumah Bagi Beberapa Situs Warisan Dunia UNESCO

Bagi banyak orang, ini mungkin tidak mengejutkan, tetapi status UNESCO Mesir jauh melampaui piramida. Faktanya, Mesir memiliki tujuh Situs Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO. Di antaranya adalah Memphis dan Necropolis-nya; Lembah Paus; seluruh Kairo Bersejarah dan banyak lagi.